Laman

Wednesday, 5 October 2011

PEMBACAAN PENGGALAN NOVEL DARI SEGI VOKAL, INTONASI, DAN PENGHAYATAN

PEMBACAAN PENGGALAN NOVEL DARI SEGI VOKAL, INTONASI DAN PENGHAYATAN
MAKALAH
DISUSUN OLEH:
KELOMPOK 2
KELAS XII IPA 1
EKAWATI ZAINUDDIN
FATHUR RAHMAN
IRMAYANTI IBRAHIM
ISFAWATI
FRANSISKA

SMA NEGERI 2 BANTAENG
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN BANTAENG
2011

KATA PENGANTAR

      Puji syujur kita panjatkan Kehadirat Tuhan Yang MahaEsa karena atas rahmat dan karunia-NyaLah sehingga makalah yang berjudul tentang “Pembacaan Novel dari Segi Vokal, Intonasi, dan Penghayatan” dapat terselesaikan dengan sebaik-baiknya. Adapun tujuan dari penulisan makalah ini yaitu diajukan sebagai tugas bahasa indonesia yang diberikan kepada penulis.
       Makalah ini memuat tentang teori-teori mengenai novel yaitu pengertian novel dan unsur-unsurnya serta cara membaca novel dari segi vokal, intonasi dan penghayatan.
      Penulis sangat berterima kasih kepada guru pembimbing kami selaku guru bidang studi bahasa indonesia yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada penulis serta kepada teman-teman yang telah banyak membantu dari awal hingga akhir sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik.
    Akhir kata, tak ada gading yang tak retak, begitupun juga dengan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan karena kesempurnaan hanyalah milik Allah semata. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan  saran dari setiap pembaca, demi penyempurnaan penulisan makalah selanjutnya.

                                                                                              Bantaeng, 11 agustus 2011

                                                                                                       Penulis
                                                                                                                        
DAFTAR ISI
                                                                                                                       
HALAMAN JUDUL                                                                                                
KATA PENGANTAR                                                                                              
DAFTAR ISI                                                                                                            
BAB 1 PENDAHULUAN                                                                                       
A. Latar Belakang                                                                                         
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan
D. Manfaat Penulisan
BAB 2 PEMBAHASAN
A. Pengertian Novel
B. Unsur-unsur Novel
C. Cara Membaca Novel dari Segi Vokal, Intonasi, dan Penghayatan. 
BAB 3 PENUTUP
A. Simpulan
B.  Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN



BAB 1
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
      Sastra pada dasarnya merupakan ciptaan, sebuah kreasi bukan semata - mata sebuah imitasi (dalam Luxemburg, 1989: 5). Karya sastra sebagai bentuk dan hasil sebuah pekerjaan kreatif, pada hakikatnya adalah suatu media yang mendayagunakan bahasa untuk mengungkapkan tentang kehidupan manusia. Oleh sebab itu, sebuah karya sastra, pada umumnya, berisi tentang permasalahan yang melingkupi kehidupan manusia. Kemunculan sastra lahir dilatar belakangi adanya dorongan dasar manusia untuk mengungkapkan eksistensi dirinya. (dalam Sarjidu, 2004: 2).
       Biasanya kesusastraan dibagi menurut daerah geografis atau bahasa. Jadi, yang termasuk dalam kategori Sastra adalah: Novel cerita/cerpen (tertulis/lisan), syair, pantun, sandiwara/drama, lukisan/kaligrafi.
     Novel adalah salah satu bentuk dari sebuah karya sastra. Novel merupakan cerita fiksi dalam bentuk tulisan atau kata-kata dan mempunyai unsur instrinsik dan ekstrinsik. Sebuah novel biasanya menceritakan tentang kehidupan manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sesamanya. Dalam sebuah novel, si pengarang berusaha semaksimal mungkin untuk  mengarahkan pembaca kepada gambaran-gambaran realita kehidupan melalui cerita yang terkandung dalam novel tersebut.
    Menurut khasanah kesusastraan Indonesia modern, novel berbeda dengan roman. Sebuah roman menyajikan alur cerita yang lebih kompleks dan jumlah pemeran (tokoh cerita) juga lebih banyak. Hal ini sangat berbeda dengan novel yang lebih sederhana dalam penyajian alur cerita dan tokoh cerita yang ditampilkan dalam cerita tidak terlalu banyak.
      Novel adalah karangan prosa panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan tokoh dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat tokoh. Novel memilki dua unsur yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik merupakan unsur-unsur yang selalu ada dalam prosa. Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang ada di dalam tubuh prosa itu sendiri. Sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur pembangun di luar karya sastra. Unsur intrinsik terdiri dari tema, latar, pesan, penokohan, sudut pandang, dan alur. Sedangkan unsur ekstrinsik terdiri dari latar belakang novel atau karya sastra itu diciptakan.
       Kita sering membaca berbagai novel, tetapi, kita terkadang tidak memerhatikan pembacaan novel yang tepat yaitu dari segi vokal, intonasi dan penghayatan. Dimana vokal kita pada saat membaca novel harus tepat, intonasi yang tepat serta penghayatan dalam membaca novel. Hal itu harus diperhatikan, agar cara pembacaan novel kita lebih bagus serta dengan mudah dapat dimaknai isinya.

B. Rumusan Masalah
a. Apa pengertian novel?
b. Apakah unsur-unsur yang terdapat dalam novel?
c.  Bagaimanakah cara membaca novel dari segi vokal, intonasi dan penghayatan?



No comments:

Post a Comment